Sewa Mobil untuk Berwisata? Ini Tipsnya

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOPemandu wisata (berbaju batik) mengantarkan wisatawan asing berkeliling Keraton Yogyakarta, Yogyakarta, Senin (31/1/2010).

 

 

KOMPAS.com – Memilih untuk pergi berwisata ke luar kota bersama keluarga dan teman terdekat memang sangat menyenangkan. Namun jika berpergian ke luar kota dengan jumlah orang yang banyak dan tidak memiliki alat transportasi akan menjadi kerepotan tersendiri jika harus menggunakan transportasi umum. Apalagi ke daerah-daerah dengan akses transportasi umum yang kurang memadai.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyewa mobil dengan sopir. Memang lebih enak memilih sewa mobil lengkap dengan sopirnya. Selain lebih mudah untuk berpergian, sopir tersebut juga telah mengetahui daerah yang akan dituju. Namun, kita harus tetap memperhatikan beberapa hal agar penyewaan mobil dan perjalanan wisata Anda tidak sia-sia. Berikut beberapa tips saat menyewa mobil dengan sopir.

Pertama, buat catatan kecil mengenai perjalanan Anda dengan rinci, yakni tempat-tempat mana aja yang akan Anda dan keluarga kunjungi. Setelah itu berikan catatan tersebut kepada sopir untuk ditentukan dan mengurutkan tempat-tempat mana yang terlebih dahulu akan dituju.

Kedua, pastikan mengenai hal-hal yang bersifat sensitif seperti biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa mobil bersama sopir, seperti biaya bensin selama perjalanan, uang makan, uang parkir, uang tiket masuk objek wisata, dan uang tips. Sehingga perjalanan Anda tidak terganggu oleh hal-hal sepele.

Ketiga, sebaiknya Anda telah melakukan riset terlebih dahulu mengenai tempat yang akan dituju melalui internet, media cetak, atau pengalaman teman. Mulai dari letak penginapan, jarak tempuh, dan estimasi biaya yang akan dikeluarkan.

Keempat, disiplinlah dengan waktu dan perkirakan waktu belanja Anda. Bila salah menggunakan waktu dengan baik, segala rencana yang telah disusun akan berantakan. Terlebih lagi hal tersebut dapat memperlama waktu penyewaan dan Anda bisa dikenakan tambahan biaya.

Kelima, Umumnya, pemakaian mobil dengan sopir berkisar antara 10-12 jam sehari, tergantung di masing-masing daerah di Indonesia. Bahkan beberapa daerah juga ada yang menyewakan mobil dan sopir selama 24 jam. Pastikan Anda memakai mobil tak melebihi waktu yang disepakati.

Kelima, bersikaplah dengan sopan terhadap sopir yang telah mengantarkan Anda. Namun, jangan terlalu mudah percaya kepada orang yang baru Anda kenali. Intinya, gunakan insting Anda untuk tetap berhati-hati selama berwisata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s